• Jelajahi

    Copyright © 24JAMTOP.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Tim Evaluasi Penilaian TP PKK Pemkab Kunjungi Desa Tumpatan Nibung Dan memanen sayuran di kebun percontohan

    24JAMNews
    03 Desember 2022, 20:16 WIB Last Updated 2022-12-03T13:16:29Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    DELI SERDANG | 24jamtop.com : Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari Pokja 3, dinas ketahanan pangan dan dinas kesehatan Kabupaten Deli Serdang melakukan kunjungan dan evaluasi di Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. (02/12/22) siang.

    Lomba Desa Percontohan PKK yang diikuti di 22 Kecamatan sebanyak 110 Desa se Kabupaten Deliserdang sudah memasuki hari penentuan penilaian.

    Yang dimana untuk Desa Tumpatan Nibung sendiri mengikuti dua kategori, Yaitu hatinya PKK dan LBS (Lingkungan Bersih dan Sehat).

    Saat diwawancarai, ibu Evi Zaki sebagai ketua Pokja 3 Kabupaten Deli Serdang sangat mengapresiasi kemajuan dan kekompakan ibu-ibu PKK di Desa Tumpatan Nibung yang bisa dapat memberi manfaat bagi masyarakat untuk berkesinambungan.
    "Pengen nya saya Desa Tumpatan Nibung ini menjadi "Desa Hati nya PKK Terbaik" di Deli Serdang, ibu Evi berharap Desa Tumpatan Nibung bisa menjadi lebih baik lagi dan menjadi Desa agro wisata sayur khusus untuk Desa Tumpatan Nibung."

    Lanjut Evi, Hatinya PKK merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (Pokja III) di seluruh Indonesia.

    Gerakan Hatinya PKK adalah singkatan  halaman asri, teratur, indah dan nyaman bersama Tim Penggerak PKK.

    Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu dari 22 Kecamatan sebanyak 110 Desa se Kabupaten Deli Serdang yang akan dilombakan mengikuti lomba Hatinya PKK. Terangnya.

    Saat melakukan Penilaian “Aku Hatinya PKK”, Ketua TP-PKK Kabupaten Deli Serdang dari Pokja 3, didampingi Ketua TP-PKK Desa Tumpatan Nibung memanen sayuran di kebun percontohan Desa Tumpatan Nibung.

    Ditempat yang sama, ketua tim penggerak PKK Desa Tumpatan Nibung Ibu Kristina Melati Sarianto berharap "Desanya jauh lebih baik, jauh lebih maju dan menjadi Desa Percontohan bukan hanya ditingkat Kabupaten tetapi bisa meraih terbaik ditingkat Provinsi dan kalau bisa di internasional, harapannya."

    TP-PKK Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis juga  Alhamdulillah saat ini telah memiliki kebun percontohan yang dikelola langsung oleh para anggota dan ditanami oleh tanaman toga, sayur dan buah dan insyaallah kedepan nya akan ada juga contoh halaman perkebunan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Jelas Kristina.
    “Kami mengharapkan bantuan dan arahan dalam pengembangan lebih lanjut dari Tim Penggerak PKK Kabupaten agar membantu kami dalam upaya bagaimana meningkatkan pendapatan keluarga dengan produk pangan lokal yang telah diolah dan inovasi dalam kemasan sehingga menarik untuk dipasarkan,” harapnya.

    Senada dengan Ketua TP-PKK Kristina Melati, Kepala Desa Tumpatan Nibung Sarianto mengatakan sangat mengapresiasi lomba Aku Hatinya PKK ini sebagai edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman sayuran dan mewujudkan halaman rumah yang teratur asri dan bersih.

    “Kami juga ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada tim Penilai dalam lomba “Aku Hatinya PKK” tahun 2022 di Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Semoga kegiatan ini bisa menambah semangat untuk terus mengevaluasi program PKK di masa yang akan datang,”.

    “Seperti halnya lomba "Aku Hatinya PKK", yang berarti Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman ini akan diadakan penilaiannya hari ini yang merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman disekitar atau pekarangan rumah dengan menanam tanaman produktif,” ujarnya.

    Sarianto berharap Kedepan nya ini dilaksanakan tidak hanya untuk sekedar lomba saja atau karena ada kunjungan saja, tapi ini muaranya diharapkan masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing dengan menanam tanaman produktif, yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga di bidang pangan, mulai dari sayuran, ternak dan perikanan, tentunya dengan tetap menjaga kebersihan.tutupnya.


    (Yan)
    Komentar

    Tampilkan