• Jelajahi

    Copyright © 24JAMTOP.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Polsek Nongsa Kota Batam Gencarkan Himbauan Karhutla.

    24JAMNews
    05 Mei 2023, 13:31 WIB Last Updated 2023-05-05T06:32:17Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    24JAMTOP.COM | BATAM - Kebakaran Hutan dan Lahan kerap kali terjadi saat kemarau atau musim panas yang berpandangan. Hal tersebut juga menjadi perhatian serius dari Polsek Nongsa kota Batam di sela - sela menjelang sholat Jum'at, 05/05/2023.




    Menurut Polsek Nongsa kelurahan Kabil, kecamatan Nongsa, kota Batam, perihal musibah kebakara hutan dan lahan (Karhutla) tentunya tak seorang pun yang berharap, atau menginginkan hal itu terjadi, selain berbahaya, juga merusak alam atau lingkungan hidup.


    Selain lingkungan hidup, ekosistim yang hidup pada alam bebas juga terganggu, bahkan banyak hewan - hewan satwa yang di lestarikan terdampak. Asap mempengaruhi gangguan pada kesehatan. Hingga berpengaruh pada perekonomian, seperti yang terjadi pada beberapa wilayah di Indonesia.


    Maka, Bhabinkamtibmas Sambau Bripka Weldi bersama Bhabinsa Sambau melaksanakan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada tokoh masyarakat dan warga Sambau.


    Upaya mengedukasi masyarakat juga dilakukan, agar pesan dan tujuan terlaksana dengan baik, untuk itu, di lakukan himbauan dan larangan pembakaran hutan dan lahan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat Sambau kota Batam.


    Pelaksanaan sosialisasi Karhutla oleh Bhabinkamtibmas kelurahan Sambau berpesan kepada warga di sekitar kelurahan Sambau agar tidak membakar hutan atau lahan sembarangan. Selain penyampaian pesan, Bhabinkamtibmas Bripka Weldi juga menyampaikan dampak dari membakar hutan dan lahan, yang dapat merugikan semua pihak.


    "Kami selaku petugas dari Polsek Nongsa menghimbau kerjasama dari tokoh - tokoh masyarakat, hingga pada warga yang ada di wilayah Sambau, dan juga pada masyarakat di seluruh wilayah kota Batam, khususnya wilayah kecamatan Nongsa kita ini untuk menghindari membakar lahan," himbau Bhabinkamtibmas Bripka Weldi.


    Hal yang sama juga di sampaikan oleh Kapolsek Nongsa kepada masyarakat kecamatan Nongsa, agar tidak membakar hutan atau lahan sembarangan. Dampaknya sangat berbahaya, sosialisasi terus di gencarkan oleh Polsek Nongsa, agar betul - betul masyarakat bisa memahami nya.


    "Upaya dan soaialisasi yang kita lakukan ini tujuannya adalah agar dapat langsung bersentuhan pada masyarakat yang bergelut didalam bidang pertanian, atau masyarakat yang mencari nafkah dari hasil hutan," ujar Kapolsek Nongsa Kompol Fian Agung Wibowo.


    Selanjutnya Kapolsek Nongsa Kompol Fian Agung Wibowo juga menyampaikan, pencegahan pada Karhutla di laksanakan sejak dini, supaya masyarakat benar - benar paham dampak dan akibatkan dari karhutla," ucapnya.


    Kapolresta Barelang Kombes Pol. Nugroho Tri Nuryanto memberikan perintah kepada Kapolsek agar menjelaskan kepada masyarakat  tentang Sanksi Pidana terhadap pembakaran Hutan atau Lahan," pungkasnya.


    Usai beberapa jam bersosialisasi, sambil berbincang - bincang bersama tokoh masyarakat, selain Karhutla, Bhabinkamtibmas beserta Bhabinsa kelurahan Sambau juga mendengarkan beberapa curhatan dari masyarakat dan tokoh masyarakat. Kegiatan sosialisasi selesai dengan lancar, aman dan tertib.





    (Ety)


    Komentar

    Tampilkan