• Jelajahi

    Copyright © 24JAMTOP.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Tim Asistensi I Ditbinmas Polda Aceh Berikan Apresiasi Terhadap Pos Satkamling Kampung Kesehatan

    24JAMNews
    02 Juni 2023, 13:59 WIB Last Updated 2023-06-02T12:45:38Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    ACEH TAMIANG | 24jamtop.com : Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Kampung Kesehatan, mendapatkan Apresiasi dari Tim Asistensi I Ditbinmas Polda Aceh, saat berkunjung ke Kampung tersebut. Kamis, (1/06/2023).


    Tim penilai dari Polda Aceh menyampaikan sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat Kampung Kesehatan dalam melaksanakan program Kapolri berdasarkan Perpol nomor 4 tahun 2020.


    Selain itu, dasar kegiatan sesuai Surat Telegram dari Kapolda Aceh Nomor : ST/327/V/HUK.6.6./2023 tanggal 17 Mei 2023 tentang pelaksanaan asistensi Pos satkamling jajaran Polda Aceh dan Surat perintah Nomor : Sprin/56/V/HUK.6.6/2023 perihal tim asistensi Satkamling dan Pos Kamling, serta pengecekan kesiapan lomba poskamling polres jajaran Polda Aceh.


    Dalam kunjungannya di Kampung Kesehatan, Kasie Binkommas Subdit Binpolmas Ditbinmas Polda Aceh, Kompol Armia SH didampingi Kasat Binmas Polres Aceh Tamiang, AKP Simson Purba SH serta rombongan lainnya.


    Kasie Binkommas Subdit Binpolmas Ditbinmas Polda Aceh, Kompol Armia SH menyampaikan apresiasi atas partisipasi masyarakat dalam melaksanakan program Kapolri berdasarkan Perpol nomor 4 tahun 2020.


    Pos Satkamling memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan nyaman di lingkungan kampung, dan mewujudkan kesadaran warga masyarakat guna penanggulangan setiap kemungkinan yang ada. Karena itu Pos Satkamling ada, sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat. "Ucapnya.


    Dalam kunjungan tersebut, tim penilai melakukan pengecekan terhadap fasilitas dan peralatan yang digunakan oleh Kampung Kesehatan, serta melakukan wawancara dengan beberapa pengurus dan anggota Kampung Kesehatan, untuk mengetahui sejauh mana program Pos Satkamling dapat berjalan dengan baik di sana."


    Mereka juga melihat dari dekat kegiatan yang telah dilakukan Kampung Kesehatan, seperti penyuluhan kesehatan, pengumpulan dan pengelolaan sampah, serta penerapan social distancing dan protokol kesehatan lainnya."


    Kompol Armia SH mengungkapkan, bahwa Kampung Kesehatan ini telah melaksanakan dengan baik program Pos Satkamling, dan telah memberikan pelajaran bagi masyarakat di sekitarnya untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.


    Saat kunjungan tersebut juga diadakan diskusi mengenai permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan program Pos Satkamling. Tim penilai memberikan beberapa masukan dan saran untuk mengoptimalkan pelaksanaan program tersebut di masa yang akan datang.


    Dalam penilaian Tim, Kampung Kesehatan, termasuk satu-satunya Pos Satkamling yang masuk dalam kategori  untuk mewakili Kabupaten Aceh Tamang dalam rangka perlombaan tingkat Provinsi.


    Sementara terkait kunjungan Tim Asistensi I Ditbinmas Polda Aceh, Datuk Penghulu sangat apresiasi dan antusias.


    "Kunjungan tim penilai dari Polda Aceh ke Kampung Kesehatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat di Aceh lainnya untuk menyambut program Pos Satkamling dengan baik dan ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan secara bersama-sama. "Ujarnya.


    Terkait keberadaan Pos Satkamling Kampung Kesehatan, Syariful Alam kepada awak media menguraikan secara singkat sejarah pos Satkamling yang keberadaannys ini telah ada sejak dia kecil tahun ’80 an, sehingga menjadi sentral tempat anak-anak singgah sepulang dari mesjid.


    “Pos ini  bukan saya yang buat, ini sudah ada sejak tahun 1980 ketika saya masih kecil dulu. Namun kami hanya memoles nya saja dengan mengecat dan menambah fasilitas  Wifi”, ungkapnya.


    "Saat ini kami memiliki 3 pos Satkamling yang terletak di tempat strategis yang tujuannya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga, khususnya pada malam hari ketika aktivitas di kampung sudah sepi. "Jelasnya.


    Adapun 3 (Tiga) Pos Satkamling tersebut masing-masing dengan 1 Pos induk dan 2 pos pembantu masing-masing di isi oleh 7 orang petugas dengan sistem aplusan 10 hari sekali."


    Syariful Alam berharap Pos Satkamling tersebut mendapatkan penilaian yang baik nanti agar bisa kembali menoreh prestasi."


    "Syariful juga mengajak seluruh warga untuk turut aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kampung. Hal ini dimulai dari hal kecil seperti mematikan lampu saat tidak digunakan, tidak membuang sampah sembarangan, hingga mengawasi lingkungan sekitar."


    "Dengan turut serta menjaga keamanan dan ketertiban, kita jadi merasa lebih aman dan nyaman tinggal di kampung ini. Kita tidak perlu takut untuk keluar rumah pada malam hari karena kita sudah saling menjaga. Pungkas Syariful.


    Kegiatan tersebut dihadiri oleh : Kasie Binkommas Subdit Binpolmas Ditbinmas Polda Aceh, Kompol Armia S.H dan  rombongan, Kasat Binmas Polres Aceh Tamiang, Forkopimcam Karang Baru, Perangkat Pemerintahan Kampung Kesehatan dan Masyarakat setempat.


    (Suparman)

    Komentar

    Tampilkan