• Jelajahi

    Copyright © 24JAMTOP.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Diduga Pengurus dan Oknum Penasehat STM Pasarma Jalan Turi Ujung Medan, Gunakan Wadah Stm Untuk Dukung Bacaleg dan Caleg Dengan Tujuan Dapat Dana

    24JAMNews
    13 November 2023, 12:17 WIB Last Updated 2023-11-13T05:17:18Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    MEDAN | 24jamtop.com : Bawaslu agar monitor HUT STM Pasarma tanggal 2 Desember 2023.

    Pengurus STM Pasarma jalan Turi Ujung Medan dibawah kepemimpinan Ketua Saut Sianturi ,Sekretaris EM Simanujntak dan Bendahara Rinne Panjaitan serta oknum penasehat St.M Sihombing diduga gunakan wadah STM Pasarma untuk dukung bacaleg dan caleg guna  mendapatkan dana.

    Menurut sumber anggota STM Pasarma yang tidak ingin disebut namanya dan penelusuran wartawan ,hal itu dimulai sejak partangiangan STM Pasarma di tempat A.Siregar, Jumat 23 Juni 2023.

    Kemudian terjadi lagi saat partangiangan di tempat marga Daulay, 15 September 2023. Pada partangiangan tersebut bacaleg  minta doa dan dukungan dengan memberikan dana dengan dalih pengganti kolekte.

    Jumlah uang yang diberikan bacaleg diberitahu pada hal kolekte dari seseorang tidak pernah diumumkan  kecuali total kolekte yang didapatkan.

    Tentunya pemberitahuan itu sesuatu yang tidak lazim dan bukan murni kolekte  tapi punya  maksud tertentu,ujar sumber.

    Dikatakan sumber, EM Simanjuntak Sekretaris STM Pasarma berperan atas kedatangan ke dua bacaleg itu dengan mempersilahkan nya untuk tampil bahkan bacaleg yang datang ke tempat partangiangan A.

    Siregar memiliki hubungan dengan EM Simanjuntak karena semarga dan kedatangan bacaleg dimaksud diduga karena lobi EM Simanjuntak  ke pihak STM Pasarma.

    Sedangkan Rinne Panjaitan selaku bendahara mengumumkan uang yang masuk kas di setiap partangiangan.  
    Saut Sianturi Ketua STM Pasarma dalam satu kesempatan menerangkan orang bebas datang untuk beribadah dan minta didoakan tetapi tidak menjelaskan apakah permintaan doa, dukungan dengan memberikan  bantuan uang itu bisa dilakukan dan tidak melanggar aturan.

    Kalau minta didoakan supaya sehat dan semangat silahkan saja, cukup sampai disitu tetapi jangan ada embel embel dapat dana dan digaungkan sebagai uang  pengganti kolekte.

    Kami jangan dibodohi dengan narasi itu,kata sumber.

    Lanjut sumber ,hari Jumat tanggal 10 November 2023 ,saat partangiangan  terakhir STM Pasarma di tempat Nella Hutabarat,kembali caleg datang dengan meberikan dana dengan dalih pengganti kolekte.Saut Sianturi selaku Ketua STM Pasarma  memberitahukan ada  tamu datang.

    Kita terbuka menerima siapa saja, kita dengarkan dulu apa maksud kedatangan mereka. Ini bukan kampanye ini bukan kampanye, ya sebut Saut sianturi.

    Seakan menimbulkan kesan apa yang mereka lakukan sesuai dengan ketentuan,jelas sumber.

    Rinne Panjaitan selaku bendahara mengumumkan kan uang yang dapat pada hari itu, satu hasil kolekte anggota dan satu lagi dari caleg sebesar Rp 300 ribu .Rinne Panjaitan yang disebut ASN di Departemen Keuangan itu bahkan membagi kartu berisi photo caleg itu kepada anggota yang hadir ,kata sumber.

    Masih menurut sumber, saat itu ada pembahasan tentang persiapan rencana HUT Pasarma tanggal 2 Desember 2023.St.M Sihombing oknum penasehat STM Pasarma menyinggung tentang rencana mangulosi caleg dengan menyebut sangat sia-sia kalau caleg yang hadir saat itu tidak diulosi nantinya.

    St.M Sihombing sebut nilai uang yang akan diberikan caleg untuk diulosi bisa 5 juta rupiah ataupun 500 rb dan dengan bangga mengatakan dirinya bisa mendatangkan 10 orang caleg.

    Horas P Aritonang anggota STM Pasarma yang diberikan kesempatan berbicara menjelaskan,seksi dana butuh uang dan berharap dana dari caleg.

    Horas P Aritonang  memberitahu   selain bantuan dana ,panitia juga butuh dana dari caleg untuk doorprize yang akan dilakukan di acara Ulang tahun itu.

    Semakin besar doorprize akan semakin mengesankan buat anggota dan kemungkian besar akan dipilih,kata sumber menirukan ucapan Horas P Aritonang.

    Terkait mendapat dana dari bacaleg dan rencana bantuan dana dengan cara  mangulosi dan dana dorprize dari caleg  ,sumber mengatakan puluhan tahun STM Pasarma rayakan ulang tahun.

    Walau kehidupan anggota nya umumnya pas pasan tetapi bisa melakukan kegiatan ulang tahun dengan swadaya sendiri atau tanpa harus minta bantuan pihak lain.

    Ini kok  mengharapkan dana dari caleg,di ulosi pula. Apa dasarnya megulosi mereka,apa hanya karena uang.Masih banyak anggota yang pantas diulosi seperti pendiri STM atau keluarganya, mantan Ketua atau pun anggota yang berjasa dalam kelangsungan STM Pasarma ini.

    Apalagi money politik terkait pemiliu  dilarang sesuai UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

    Jangan dibuat kegiatan di STM ini untuk kepentingan kelompok  tertentu dengan cara cara diduga menyimpang karena akan merusak persatuan di STM ini.

    Bawalsu kota Medan diharapkan turun untuk monitor kegiatan ulang tahun STM ini yang di agendakan tanggal 2 Desmber 2023 ,karena kegiatan ini patut diduga ada unsur money politik.

    Ini pengurus perlu dievaluasi dengan sosok yang memahami aturan atau ketentuan yang berlaku dan yang tidak ambisi kepentingan pribadi atau tidak gampang disetir untuk kepentingan kelompok tertentu,ujar sumber.

    Sementara itu Saut Sianturi Ketua STM Pasarma,,EM Simanjuntak Sekretaris STM Pasarma ,Rinne Panjaitan Bendahara STM Pasarma ,St.M Sihombing oknum pen asehat STM Pasarma dan Horas P Aritonang yang dikonfirmasi melalui pesan wa , hingga berita ini  dikirim,tidak merespon.

    (Nikson Sinaga)
    Komentar

    Tampilkan