• Jelajahi

    Copyright © 24JAMTOP.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Robert Siregar Ketua Umum DPP Perkumpulan Martabe Indonesia Maju Kukuhkan Pengurus DPD Sumut

    24JAMNews
    05 Desember 2023, 18:29 WIB Last Updated 2023-12-05T11:29:17Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    SUMUT | 24jamtop.com : Dr.Hisar Siregar,S.H,M.Hum memegang amanah sebagai Ketua DPD Sumut Perkumpulan Martabe Indonesia Maju periode 2023 -2028.

    Robert Siregar Ketua Umum DPP Perkumpulan Martabe Indonesia Maju pada Kamis 30 November 2023 di jalan Bhayangkara Medan mengukuhkan kepengurusan DPD Sumut Perkumpulan Martabe Indonesia Maju.

    Sebelum melakukan pengukuhan Yunus Situmorang selaku Sekretaris Jendral perkumpulan membacakan SK susunan pengurus dimana Ketua DPD yang dipercayakan kepada Dr. Hisar Siregar ,S.H.M.Hum ,Sekretaris Sardo Dongoran  dan Bendahara Yanto D. Hutauruk.

    Setelah melakukan pengukuhan, Robert Siregar menyerahkan SK dan Pataka perkumpulan kepada Dr.Hisar Siregar,S.H,M.Hum.

    Selain pengukuhan DPD ,Ketua Umum juga mengukuhkan kepengurusan DPC Tapanuli Utara dengan Ketua Yehezkiel Hutaruk.

    Dalam sambutannya Hisar Siregar saat menyampaikan terima kasih kepada Pandam I /BB yang diwakili Kolonel TNI AD  A.Sinaga ,Dandim 0201 yang diwakili Kapten TNI AD Ahmad Yani,Camat Medan Tembung  pak Pane yang mewakili Lurah Indra kasih dan tamu yang datang dengan sungguh sungguh untuk menghadiri acara tersebut.

    Saya mengucapkan terima kasih dan memuji semangat yang luar biasa kepada Robert Siregar yang seyogianya sudah istrahat karena usianya yang sudah senja 73 tahun tetapi semangat tdak pernah lelah.

    Ada yang menyebutkan kalau Bapak  Robert Siregar  berhenti maka cita cita Raja Inal akan padam,kata Hisar Siregar.
    Pujian juga disampaikan kepada semangat Sekjen Yunus Situmorang yang pernah mendapat pendidikan khusus kemiliteran dalam operasi khusus dan usianya saat ini sudah tua.
    Kalau didikan militer darah menggelegar, ayah saya dulu tentera sejak masa pendudukan Jepang hingga Republik merdeka dan di usianya yang tua tetap semangat.Tradisi pembangunan melalui gerakan Martabe ini dikomandoi oleh Raja Inal Siregar sewaktu menjadi Pangdam III Siliwangi ,jadi bagi kami tentera itu adalah teman,ujar Hisar Siregar.

    Dikatakan Hisar Siregar ,Martabe atau singkatan Marsipature hutanabe  memiiki arti mari benahi kampung halaman masing masing.Pendiri  Martabe adalah  Letnan Jendral Purnawirawan TNI AD Raja Inal Siregar.Martabe  merupakan istilah yang populer sejak  tahun 1986.

    Kata Martabe dipopulerkan oleh Gubernur Sumatera Utara Raja Inal Siregar  dengan melembagakan menjadi gerakan pembangunan desa terpadu Marsipature hutanabe.

    Asal mula istilah Martabe ini berasal dari seminar kebudayaan Batak dengan  topik   Inisiasi Pembangunan Indonesia di Bandung  pada bulan Desember 1986 yang disponsori oleh Panglima Divisi Siliwangi Mayor Jendral Raja Inal Siregar.

    Luar biasa,saya selaku kaum muda merasa termotivasi.Setelah menjabat Gubernur Sumatera Utara tahun 1988 hingga tahun 1998 Raja Inal Siregar menggaungkan  Martabe dan di masa itu istilah Martabe sudah sangat populer di kalangan masyarakat Sumatera Utara.

    Martabe ini merupakan bagian dari proses demokrasi di masa lalu .Dengan Martabe kekuatan solidaritas didorong untuk bangkit dan mendorong sinergitas gerak pembangunan diantara sesama komunitas masyarakat dengan tuan rumah pemerintah { Gubernur }.

    Martabe  Indonesia Maju  Sumatera Utara  akan berkontribusi pada pembangunan desa dengan kearifan lokal yang berlaku pada desa  dengan kategori tertinggal ,terjauh dan terbelakang.Masih banyak desa tertinggal dan terbelakang di Sumatera Utara .

    Saya meminta kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk bersama menggalakkan pembangunan,tutup Hisar Siregar.
    Pangdam I/BB yang diwakili Kolonel TNI AD A.Sinaga,Dandim 0201 Medan diwakili Kapten TNI AD Ahmat Yani dan Camat Medan Tembung dalam sambutan nya mengapresiasi dan mendukung gerakan Martabe Indonesia Maju.

    Ketua Umum Martabe Indonesia Maju Robert Siregar dalam pidato pengarahan nya mengatakan Martabe yang didirikan sejak tahun 1996 tetap berdiri kokoh ditengah banyak nya tantangan baik karena perubahan kekuasaan maupun dinamika lain nya dan situasi luar biasa  yang melanda dunia akibat covid 19 serta rintangan internal maupun eksternal.

    Sesuai ketentuan yang berlaku Perkumpulan ini sekarang  menjadi perkumpulan Martabe Indoesia Maju. Martabe adalah singkatan dari Marsipature hutanabe yaitu program pembangunan desa terpadu yang dicanangkan oleh salah satu putra terbaik Sumatera Utara yaitu almarhum Letnan Jendral Purnawirawan TNI AD Raja Inal Siregar yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara sejak tahun 1988, hingga 1998.

    Perkumpulan Martabe Indonesia Maju ini merupakan wadah silaturahmi masyarakat asal Sumatera Utara yang terdiri dari Sembilan etnis yakni Toba,Mandailing,Simalungun,Karo,Pakpak ,Melayu ,Pujakesuma { Pura Jawa Kelahiran Sumatera Utara } Nias dan Tionghoa untuk membangun kesadaran tentang penting nya peran serta dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat di kampung halaman dan tempat domisili secara konkrit dan konseptual.

    Dalam kaitan nya dengan itu,perkumpulan ini berupaya menggalang semangat pemikiran, sumbangan moril atau materil dalam rangka membantu kesejahteraan masyarakat serta membuat kajian kajian mengenai pembangunan daerah berkelanjutan.

    Sebagai sebuahrumah besar, anggota dan pengurus Martabe Indoesia Maju memiliki kebebasan menyalurkan aspirasi politiknya.

    Marilah kita sukseskan pesta demokrasi pemilian umum, pemilhan presiden dan wakil presiden 2024 secara aman dan damai sehingga demokrasi kita berjalan dengan matang dan berkeadaban serta menghasilkan para wakil rakyat dan pemimpin yang berbobot demi kesejahteraan bangsa dan Negara.

     Anggota dan pengurus Martabe diharapkan dapat menerjemahkan berbagai nilai yang terkandung dalam Martabe dan menjadi program kerja  yang bermanfaat bagi masyarakat.

    Sangat diharapkan partisipasi aktif dari pengurus dan anggota dan juga  sangat diharapkan dukungan dari berbagai pihak terutama tokoh masyarakat ,tokoh adat  dari berbagai etnik di perkumpulan ini karena perkumpulan ini merupakan wadah dari etnik yang ada di seluruh indoneia,tutup Robert Siregar.
     
    Sebelum acara pengukuhan berlangsung ,Ketua Umum Martabe Indonesia Maju Robert Siregar  menjelaskan kepada wartawan bahwa inisiator Martabe adalah Raja Inal Siregar sewaktu menjabat Pangdam Siliwangi tahun 1986.

    Beliau kumpulkan seluruh perantau asal Suatera Utara yang ada di pulau Jawa dengan tempat pertemuan di Bandung,kemudian memberikan gagasan Martabe singkatan Marsipature hutanabe yang artinya membangun kampung kelahiran maupun kampung yang dipijak atau di tempati.

    Martabe ini terdiri  dari 9 etnik untuk membangun kampung kelahiran maupun yang dipijak dengan memberikan pemikran,tenaga maupun donasi untuk pembaguanan daerah berkelanjutan seperti sekolah { pendidikan } ,pertanian,kebutuhan air ,listrik maupun lainnya.Martabe ini menjadi penyambung aspirasi masyarakat bagi pemerintah,ujar Robert Siregar.

    Kemudian setelah Raja Inal Siregar menjabat Gubernur Sumatera Utara tahun 1988  gerakan Martabe ini menjadi populer dan mitra resmi pemerintah Propinsi Sumut .

    Tahun 1988 Martabe ini dilembagakan oleh nya  dimana  pembina nya  ditetapkan Gubernur Sumatera Utara ,bahkan mendapat pengakuan pemerintah pusat di istana Negara saat Presiden RI dijabat Suharto.

    Setelah Raja Inal meninggal gerakan Martabe ini mulai menurun sehingga kami kembali mengaktifkan nya dengan melakukan pengukuhan tahun 2022 dan  mengganti nama menjadi  Perkumpulan Martabe Indoesia Maju.

    Rencana nya akan dikukuhkan DPD di seluruh Propinsi yang ada di Indonesia,kata Robert Siregar.
    Yunus Situmorang selaku Sekretaris Umum yang mendampingi dr.Robert Siregar dalam penjelasan nya mengatakan sebelum melakukan perubahan nama dari Martabe menjadi Martabe Indonesia Maju telah dilakukan diskusi,seminar maupun kajian kajian.

    Sekedar informasi sosok Hisar Siregar adalah dosen kopertis yang tidak pelit membagi ilmu pengetahuan kepada siapapun.Hisar Sirear dikenal merupakan sosok nasinalis yang saat ini tergabung di PA alumni GMNI dan sudah sering menjadi narasumber maupun pembicara dalam seminar.

    Bakat kepempinan nya sudah terlihat sejak masa kuliah dimana aktif dalam menggerakkan gotong royong di tempat tinggal nya, lngkungan 6 Kelurahan Binjai Medan. Pernah menjadi Ketua Muda mudi Serikat Tolong Menolong  Dostahi.

    Salah satu pendiri berdirinya NHKBP pertama HKBP Sempurna.Pencetus dan pendiri pertama kegiatan Karang Taruna di Kelurahan Binjai Medan di lingkungan 6 Kelurahan Binjai Medan dan hanya dengan tekad modal semangat dan tanpa di naungi organisasi di tahun 80 an beliau mencetuskan ide dan menjadi Ketua perayaan Paskah bersama pemuda pemudi jalan Turi Ujung,Sempurna Ujung dan Bahagia by pas dan berlangsung dengan sukses dimana untuk melaksanakan kegiatan dengan luas wiayah seperti itu pada saat itu banyak yang pesimis akan berlangsung dengan baik.@Nikson Sinaga 
    Komentar

    Tampilkan