• Jelajahi

    Copyright © 24JAMTOP.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    15 Tahun Terabaikan, Pj Bupati Batubara Nizhamul Akhirnya Lakukan Pelestarian Istana Lima Laras

    24JAMNews
    18 Maret 2024, 16:58 WIB Last Updated 2024-03-18T09:58:57Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    BATUBARA | 24jamtop.com : Pemerintah Kabupaten Batubara akhirnya melakukan pelestarian dan menata bangunan bersejarah.


    Adapun bangunan yang akan direnovasi, yakni Istana Lima Laras di Desa Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara.


    Pelestarian ini dilakukan setelah 15 tahun bangunan terabaikan.


    Adanya miss komunikasi antara ahli waris dengan Pemerintah Kabupaten Batubara membuat bangunan tersebut diabaikan.


    Setelah adanya pertemuan Pj Bupati Batubara Nizhamul dengan para ahli waris Istana Niat Lima Laras membawa angin segar.


    Para ahli waris, yakni Dato’ Muhammad Azminsyah, Dato’ Saifuddin, Dato’ Yuda Bakti akhirnya melakukan penandatanganan nota kesepakatan guna menata Istana Niat Lima Laras.


    "Kita telah melakukan pertemuan dengan para ahli waris Istana Niat Lima Laras untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi guna membuat sebuah perkembangan di bangunan bersejarah ini," kata Pj Bupati Batubara Nizhamul, di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Kompleks Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Minggu (17/3/2024).



    Ia mengatakan, bangunan ini sudah terabaikan selama 15 tahun. Banyak sudut-sudut di bangunan bersejarah tersebut yang rusak.


    "Jadi kita sudah sepakat dengan parah ahli waris untuk melakukan pelestarian bangunan bersejarah untuk ke depannya bisa bermanfaat dan mendatangkan keberkahan di Kabupaten Batubara," ucapnya.


    Disebutkan dalam pertemuan, penataan tersebut meliputi rencana pembebasan lahan dan aset bangunan dengan menggunakan mekanisme ganti untung, sesuai peraturan perundang-undangan tentang tata cara pengadaan tanah untuk kepentingan umum.



    Selanjutnya, akan dilakukan revitalisasi terhadap bangunan istana peninggalan Kerajaan Melayu Pesisir yang sudah rusak dimakan usia itu, sekaligus pengembangan wisata budaya, serta pelestarian situs cagar budaya.


    Sehingga, budaya yang ada di Batu Bara tetap terjaga.


    Ke depannya, Nizhamul berharap, bangunan bersejarah ini dapat mendatangkan para wisatawan dan membawa nama Batubara hingga ke mancanegara.


    "Dengan dilakukannya pelestarian bangunan ini, ke depannya akan dapat membawa manfaat yang baik untuk seluruh masyarakat Batubara," jelasnya.@red

    Komentar

    Tampilkan