• Jelajahi

    Copyright © 24JAMTOP.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    UKW Angkatan 66 dan 67 Di Hotel Madani Medan Resmi Ditutup, Dinyatakan 29 Kompeten

    24JAMNews
    24 Desember 2023, 19:29 WIB Last Updated 2023-12-24T12:29:58Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    MEDAN | 24jamtop.com : Demi meningkatkan kompetensi profesionalitas wartawan di Sumatera Utara. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut kembali menggelar UKW Angkatan 66 dan 67, Sabtu (23/12/2023).


    Dalam pelaksanaan UKW PWI Sumut ini, bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) yang digelar selama dua hari pada tanggal 22-23 Desember 2023, di Hotel Madani Jalan SM Raja Medan.


    Acara yang dibuka langsung Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE, pada Jumat 22 Desember 2023 kemarin, diikuti 48 orang peserta.

    Dari 70 berkas yang diajukan ke Dewan Pers, 60 berkas yang lulus verifikasi, dengan 48 orang wartawan yang berani datang mengikuti UKW PWI Sumut Angkatan 66 dan 67.


    Sebelum UKW PWI Sumut Angkatan 66 dan 67 dilaksanakan, panitia UKW menggelar pra UKW pada Kamis (21/12). Dalam pembukaan pra UKW, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik menyampaikan sejumlah arahan dan bimbingan kepada para peserta UKW. .


    “Jangan pernah takut menghadapi para penguji, kuncinya mental kita, karena kalau sudah mental kita down, semua bakal hilang dan tak terkendali, seperti pengalaman saya waktu pidato, malam saya hafal, setelah diatas podium hitam semuanya, hilang karena nervest,” ungkapnya.


    Farianda juga berjanji kepada peserta UKW PWI Sumut Angkatan 66 dan 67 jika lolos 100 persen, dirinya akan membuat syukuran.“Jika nanti angkatan ini seluruh peserta berkompeten dan lulus 100 persen, saya akan potong kambing,” ungkapnya.


    Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 66 dan 67 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut yang bekerjasama dengan Polda Sumatera Utara pada Jumat (22/12) dan berakhir Sabtu (23/12), diikuti 48 peserta dengan mengikuti beberapa ujian materi yang diawasi langsung oleh beberapa orang penguji dari Dewan Pers dan PWI Pusat.


    Ketua PWI Pusat Hendri CH Bangun melalui Ketua Organisasi PWI Pusat H Zulmansyah juga mengumumkan hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PWI Sumut berkerjasama dengan Polda Sumatera Utara ini.

    “Dari 48 orang peserta yang mengikuti UKW, hanya 29 orang yang dinyatakan kompeten,” terangnya.


    Para wartawan yang mengikuti UKW Angkatan 66 dan 67, di Hotel Madani, Sabtu (23/12).Selanjutnya Zulmansyah menyampaikan bagi peserta yang belum kompeten jangan berkecil hati, terus belajar dengan meningkatkan kemampuan, untuk mengikuti UKW PWI yang akan datang.


    Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik juga menyampaikan terima kasih kepada 48 peserta yang berani datang untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Farianda juga merasa prihatin dengan hasil uji kompetensi 19 orang peserta UKW yang belum kompeten.

     

    “Jangan kecil hati, tetap semangat dan terus bersemangat, masih ada kesempatan untuk mengikuti UKW yang akan datang, apalagi peserta yang sudah pernah mendaftar UKW, pasti ada filenya sama bang Rifki Warisan,” terang Ketua PWI Sumut ini.


    Sebelum pelaksanaan UKW Angkatan 66-67 PWI Sumut, peserta terlebih dahulu mendaftar melalui Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan di Kantor PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan.


    Disela usai Uji Kompetensi Wartawan Angkatan 66 dan 67, penguji Ronny Simon menyampaikan jadikan pengalaman hari ini untuk pembelajaran, serta selalu intropeksi diri dan sering membaca.


    Ronny juga menyampaikan profesi wartawan sangat mulia. “Jadi kalian harus kompeten dan profesionalitas dalam menjalankan tugas jurnalis, pahami Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik, dan juga pahami PPRA tentang pemberitaan ramah anak,” terangnya.


    Giawa salah satu wartawan yang mengikuti UKW sangat mengapresiasikan PWI Sumut yang benar-benar peduli dan membantu rekan-rekan wartawan dalam meningkatkan kompetensi profesional wartawan di Sumatera Utara, dengan menggelar UKW PWI untuk seluruh wartawan Sumut.


    “Mudah-mudahan kedepannya dengan mengikuti UKW ini, kita bisa lebih berkompeten, memahami Kode Etik Jurnalistik, serta pemberitaan ramah anak. Kami juga mengucapkan terima kepada PWI Sumut dan para penguji, dengan digelarnya UKW ini bukan masalah lulus dan tidak lulusnya, tapi masalah kebersamaan dan pengalaman yang didapat, seperti yang disampaikan Ronny Simon,” ungkap Giawa usai mengikuti pelaksanaan UKW disela menunggu pengumuman berapa wartawan yang lulus berkompeten dan yang belum kompeten tutupnya.@M. Sembiring 

    Komentar

    Tampilkan